Info Lowongan Kerja Malaysia 2019

Lowongan Kerja Malaysia – Mencari lowongan kerja Malaysia menjadi salah satu cara yang praktis untuk mengubah nasib menjadi lebih baik. Banyak sekali warga negara Indonesia baik laki-laki maupun perempuan mencoba peruntungan mereka ke negeri jiran dengan menjadi tenaga kerja Indonesia atau yang lazim disebut sebagai TKI.

Malaysia memang telah sejak dulu menjadi tujuan utama bagi warga negara Indonesia yang ingin kerja di luar negeri. Hal ini dikarenakan selain upah atau gaji yang didapatkan oleh para pekerja dari Indonesia terbilang sangat tinggi juga karena letak negara Malaysia yang terbilang sangat dekat dengan Indonesia. Hingga saat ini, Indonesia sendiri menjadi negara pemasok tenaga kerja terbesar untuk Malaysia.

Biasanya para warga negara Indonesia yang ingin bekerja di Malaysia dengan menjadi TKI biasanya harus mendaftarkan diri di PJTKI resmi Malaysia agar mendapatkan izin untuk bekerja di negeri Jiran. Untuk Anda yang sedang mencari kesempatan kerja di Malaysia ada baiknya untuk menyimak artikel berikut ini agar bisa menambah wawasan dan informasi Anda sebelum memutuskan untuk menjadi TKI di Malaysia.

Profesi Pekerjaan yang Tersedia di Malaysia

Iming-iming upah yang tinggi memang membuat sebagian orang merasa tergiur untuk kerja di luar negeri, terutama di negara tetangga kita yaitu Malaysia. Banyak sekali warga negara Indonesia yang meraih kesuksesan berkat menjadi TKI di negeri Jiran tersebut. Dengan tingginya upah yang didapatkan membuat mereka bisa membangun rumah dan membeli benda berharga yang nilainya bisa dibilang tidak murah.

Melihat kesuksesan mereka tentu membuat sebagian orang penasaran dengan pekerjaan yang mereka jalani di Malaysia. Bahkan sebagian orang juga menjadi tertarik untuk ikut bekerja di Malaysia. Sebenarnya jenis pekerjaan yang tersedia di Malaysia tidak jauh berbeda dengan jenis pekerjaan yang terdapat di Indonesia. Hanya saja upah yang diberikan lebih tinggi dibandingkan dengan Upah Minimum Regional yang ditetapkan pada tiap daerah di Indonesia.

Saat ini, di Malaysia hampir sebagian besar pekerja atau karyawan yang bekerja di sana merupakan warga negara Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang paling banyak diminati dan menjadi profesi yang paling banyak dilakoni oleh tenaga kerja asal Indonesia di negeri jiran.

Informasi: Lowongan Kerja Malaysia

1. Pekerjaan Domestik

Pekerjaan domestik menjadi jenis pekerjaan yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja sehingga banyak sekali tenaga kerja asal Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan menekuni pekerjaan ini. Contoh pekerjaan yang termasuk ke dalam jenis pekerjaan ini adalah Pengurus rumah tangga, penjaga bayi, pengurus lansia, supir keluarga, tukang kebun, dan penjaga anak kecil.

2. Petugas Perkebunan

Selain pekerjaan domestik, salah satu jenis pekerjaan yang juga paling banyak membutuhkan tenaga kerja adalah di sektor perkebunan dengan menjadi karyawan atau petugas perkebunan biasanya pada perkebunan kelapa sawit atau perkebunan karet.

3. Buruh Pabrik

Di urutan ketiga, jenis pekerjaan di Malaysia yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja adalah pada sektor industri. Seperti yang kita tahu perindustrian di negara Malaysia terbilang sangat maju dan pergerakannya pun semakin berkembang dengan pesat sehingga membutuhkan banyak sekali buruh ataupun karyawan.

4. Tenaga Profesional

Tenaga profesional juga turut membutuhkan tenaga kerja tambahan khususnya pada bidang kesehatan seperti tenaga paramedis dan perawat.

Alasan Mengapa Banyak yang Ingin Menjadi TKI di Malaysia

Banyak sekali alasan yang mendasari mengapa orang-orang tertarik untuk menjadi TKI di negara Malaysia selain karena faktor ekonomi. Menurut PJTKI resmi Malaysia, biaya untuk merantau ke negara Malaysia jauh lebih murah dan lebih mudah dijangkau ketimbang ke Korea, Hongkong ataupun Taiwan. Selain itu kesempatan atau peluang kerja di Malaysia juga lebih banyak tersedia.

Selain itu letak geografis negara Malaysia yang berdekatan dengan Indonesia membuat kedua negara ini memiliki budaya yang tidak jauh berbeda sehingga untuk TKI yang akan bekerja ke Malaysia tidak perlu melakukan kursus bahasa sebab bahasa Malaysia juga tidak jauh berbeda dengan Bahasa Indonesia.

Bagaimana Cara Agar Bisa Bekerja di Malaysia

Banyak sekali orang yang ingin mengetahui bagaimana caranya agar bisa bekerja menjadi TKI di negara Malaysia. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan diri ke PJTKI resmi Malaysia. Sebelum berangkat untuk menjadi TKI ke Malaysia, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon TKI di antaranya adalah :

1. Memiliki pasport yang masih berlaku.
2. Memiliki umur setidaknya 18 tahun hingga 45 tahun.
3. Datang secara legal melalui PJTKI resmi Malaysia yang terdaftar di Depnaker Indonesia.
4. Menandatangani kontrak pekerjaan dengan atasan atau majikan.
5. Lulus pemeriksaan kesehatan yang ditanggung oleh majikan.
6. Memiliki ijin kerja yang diurus oleh majikan.
7. Memiliki kartu pengenal pekerja asing yang dikeluarkan oleh pemerintah Malaysia.
8. Bekerja pada atasan/majikan yang sesuai dengan permit kerja.
9. Diikut sertakan dalam program asuransi di negara Malaysia.

Hal-hal Penting yang Harus Dipahami Oleh Calon TKI

Sebelum memulai bekerja di Negara Malaysia, ada beberapa hal yang harus dipahami karena memutuskan untuk kerja di luar negeri bukanlah sebuah perkara yang mudah. Anda perlu membuat beberapa persiapan dan juga pertimbangan sebelum memutuskan untuk merantau ke negara Malaysia. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya yaitu :

1. Mendapatkan Izin dari keluarga

Izin dari keluarga adalah hal yang sangat penting dan paling utama sehingga Anda harus mendiskusikannya terlebih dahulu mengingat keputusan untuk bekerja di luar negara bukanlah hal yang sepele. Terlebih lagi jika sewaktu-waktu terjadi resiko atau hal yang tidak diinginkan

2. Memiliki kemampuan atau skill yang mumpuni

Kemampuan atau skill yang mumpuni juga menjadi hal yang sangat penting, karena jika Anda tidak memiliki skill atau kemampuan khusus maka Anda tentu tidak akan mudah mendapatkan pekerjaan.

3. Menyiapkan biaya yang cukup

Bekerja di Malaysia bukan sebuah hal yang bisa dilakukan tanpa biaya. Anda membutuhkan biaya untuk transportasi ke negara tersebut, selain itu masih ada biaya-biaya lain untuk mengurus dokumen yang diperlukan serta biaya hidup sehari-hari ketika Anda telah sampai di Malaysia.

4. Memiliki dokumen yang lengkap

Di Malaysia, ada aturan ketat yang diterapkan untuk para TKI yang bekerja di sana. Pemerintah Malaysia selalu mengawasi identitas setiap orang yang bekerja di sana. Oleh karena itu Anda harus memiliki dokumen yang lengkap agar Anda tidak dianggap sebagai TKI ilegal.

Memang, menjadi TKI tidak semudah yang Anda bayangkan, perlu proses yang panjang agar Anda bisa mendapatkan izin untuk bekerja di sana, selain itu banyak pula persiapan yang Anda lakukan. Oleh karena itu Anda hendaknya memikirkan dengan matang bila ingin mencari kerja di Malaysia, dan semoga Anda segera mendapat lowongan kerja Malaysia untuk mengubah kondisi ekonomi Anda menjadi lebih baik.