Lowongan Kerja Taiwan 2019

Lowongan kerja Taiwan memang semakin menarik perhatian masyarakat Indonesia. Betapa tidak di negeri ini menawarkan berbagai pekerjaan yang menyenangkan. Tidak hanya itu, yang jelas gaji yang diberikan sesuai dengan hasil kerja. Pastinya terbilang sangat adil dan memuaskan untuk skala pekerjaan. Bahkan sudah juga diberikan cuti tahunan atau libur kerja disetiap minggunya. Mau tau hal terkait tentang lowongan pekerjaan di Taiwan? Simak terus ulasan berikut ini.

Inilah Peluang Kerja di Taiwan

Kerja di luar negeri sangat dicari dan diminati banyak orang. Untuk soal gaji pun dari pekerja migran di Taiwan juga termasuk yang tertinggi. Berbeda dengan Negara penempatan Asia Pasifik lainnya. Bagi para pekerja yang sedang bekerja berbadan hukum, seperti perawat, pekerja manufaktur, pekerja konstruksi dan nelayan sekalipun mampu mendapatkan gaji cukup layak. Pahami peluang kerja di Taiwan sebagai bahan referensi Anda.

1. Peluang bagi pekerja migran di Indonesia di Negara Taiwan terbilang sangat besar. Pastinya, Anda harus dapat memanfaatkan peluang ini semaksimal mungkin. Karena itulah, kuota pekerja semakin hari semakin bertambah.

2. Peluang untuk mendapatkan kesejahteraan saat bekerja di Taiwan sangatlah sesuai standar. Anda akan terlindungi secara badan hukum dan memperoleh asuransi kesehatan serta asuransi tenaga kerja. Jika terjadi kecelakaan di tempat kerja, maka jelas sekali Anda mendapat asuransi kecelakaan juga.

3. Peluang kerja di Taiwan beraneka ragam dari jenis pekerjaan. Jadi, Anda dapat memilihnya sesuai dengan bakat dan kemampuan. Namun paling banyak warga Indonesia yang bekerja disini menjalani profesi sebagai pembantu rumah tangga, pekerja panti jumbo, atau pekerja pabrik.

Ketahui Syarat Menjadi TKI Taiwan

Hampir semua orang tahu bahwa menjadi TKI di Taiwan tidaklah mudah. Setidaknya Anda harus mendaftar terlebih dahulu melalui PJTKI resmi Taiwan. Karena Anda harus tahu semua pekerja asing di Taiwan harus mengikuti undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku. Setidaknya Anda akan mendapatkan perlindungan hidup layak. Cobalah ketahui syarat menjadi TKI Taiwan seperti berikut ini.

1. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Hampir setiap TKI yang bekerja disini diharuskan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan paling lambat 3 hari setelah tiba di Taiwan. Ketika sudah bekerja, maka dianjurkan untuk melakukan 4 kali pemeriksaan kesehatan, yaitu pada bulan ke-6, bulan ke-18, dan bulan ke-30. Pasalnya apabila TKI ditemukan mengidap penyakit AIDS, cacingan, hepatitis, dan TBC diwajibkan meninggalkan Taiwan. Jadi dengan kata lain bekerja disini sangatlah ketat.

2. Menerima Surat Izin Kerja (SIK)

Khusus para pekerja asing yang telah dinyatakan lulus pemeriksaan kesehatan, maka dalam kurun waktu 15 hari setelah tiba di Taiwan harus mengurus Surat Izin Kerja. Anda dapat mengurusnya di Council of Labour Affairs (CLA), yaitu lembaga pemerintah Taiwan sesuai dengan bidang tenaga kerja tersebut. Namun pembuatan SIK sebetulnya diurus oleh para agen.

Biasanya pekerja asing yang terpaksa pindah kerja sebelum selesai masa kontrak, maka berhak meminta untuk melakukan pengurusan perpanjangan SIK. Jika masa kerja TKI telah berakhir dan tidak mendapatkan perpanjangan dari CLA, kemungkinan besar para pekerja harus meninggalkan Taiwan. Mungkin anda tertarik dengan lowongan kerja asisten rumah tangga taiwan.

Masa Kerja Pekerja di Taiwan

Berbagai orang dari kalangan manapun sangat antusias untuk kerja di luar negeri. Apalagi bagi kaum wanita yang justru sangat dibutuhkan untuk pekerjaan di Taiwan. Mengingat sebagian besar para

wanita memiliki peluang lebih besar dibandingkan laki-laki. Namun taukah Anda, terdapat masa kerja atau kontrak saat mulai bekerja di Negara ini. Lantas, apa saja masa kerja tersebut? Inilah penjelasan lengkapnya.

1. Masa Kerja

Perlu diketahui bahwa lamanya masa kerja di Taiwan adalah 2 tahun dan ditambah 1 tahun, jadi total 3 tahun. Setelahnya, para pekerja diharuskan pulang ke tanah air atau Negara asalnya selama kurang lebih 40 hari untuk mengurusi izin visa ke Taiwan. Akan tetapi, jika diakumulasikan untuk pekerja asing maka tidak diperbolehkan bekerja di Taiwan lebih dari 6 tahun.

2. Pekerjaan

Para TKI sektor formal biasanya diperkenankan untuk bekerja di perusahaan pemohon sesuai dengan SKI. Namun pekerja ini hanya diperbolehkan pindah pekerjaan jika suatu perusahaan tersebut dinyatakan bangkrut. Begitu sebaliknya, jika TKI yang dipindahkan tanpa adanya alasan tertentu, dan tidak ada prosedur resmi maka dinyatakan sebagai pekerja illegal. Apabila hal ini terjadi maka pihak berwajib akan menangkapnya dan segera dideportasi tanpa ampun.

Berbeda lagi, saat berbicara pada sektor informal karena yang didatangkan adalah status untuk menjaga orang tua atau sakit, yakni tidak bekerja untuk menjaga anak-anak atau ibu rumah tangga/bekerja dipabrik/toko. Jika majikan melakukan pelanggaran terkait pekerjaan Anda, maka harus mengadu kepada pihak PJTKI resmi Taiwan. Namun bila tidak mendapatkan tanggapan, segera laporkan ke pihak berwajib setempat. Cobak cek lowongan kerja pabrik di taiwan.

Kewajiban dan Hak Agency Taiwan

Apakah Anda sudah tahu apa yang menjadi kewajiban dan hak PJTKI resmi Taiwan? Sebagian para pekerja yang baru mungkin sedikit agak kebingungan. Padahal hal sepele semacam ini harus Anda pahami betul. Jangan sampai hak agensi menjadi sesuatu yang mayoritas dan hak Anda justru minoritas. Berikut adalah uraian yang harus Anda ketahui secara seksama.

1. Hal agensi Taiwan memang tidak lagi diperkenankan untuk memotong agensi fee dari TKI yang bekerja di negera tersebut. Namun ingat, mereka hanya boleh memungut biaya pelayanan saja, dan harus sesuai dengan kebijakan.

2. Kewajiban, yakni diharapkan mampu memberikan pelayanan kepada para TKI. Beberapa diantaranya, seperti menjembatani antara pihak pemberi kerja dengan pekerja, memonitor

kondisi pekerja, membantu menyelesaikan masalah pekerja, dan mengatur kepulangan perjaanan pekerja.

3. Melakukan penjemputan di Airport. Perlu Anda ingat jika TKI akan dijemput oleh pihak agensi Taiwan. Hal ini bertujuan agar dapat dipastikan oleh petugas agensi, sehingga Anda tidak perlu takut untuk menanyakan petugas penjemput. Jadi, Anda tidak akan tertipu oleh orang yang tak dikenali.

Permasalahan Pekerja yang Sering Dihadapi

Mungkin Anda sudah tahu jika kerja di luar negeri, nyatanya dapat menuai banyak permasalahan yang harus dihadapi. Karena itulah, tak heran banyak juga para pekerja yang seringkali mendapat masalah hukum. Sampai-sampai pihak pemerintah turun tangan untuk menyelesaikan para permasalahan TKI, tetapi yang terkena hukuman berat. Tidak tahu apa itu masalahnya, namun yang jelas berikut permalasahan pekerja yang kerap terjadi. Mencari lowongan kerja yang lebih ringan? Anda bisa melihat di lowongan kerja perawat panti jompo taiwan.

1. Para pekerja sering diancam akan dipulangkan secara paksa ke negaranya. Bahkan dapat juga tidak diberikan uang saku atau uang pemutusan hubungan kerja sepeserpun. Selain itu, gaji tidak dibayar atau pembayaran tidak tentu.

2. Tidak terdapat kejelasan mengenai pengembalian pajak yang bisa diterima atau tidak. Jadi pekerjaan tidak sesuai dengan perjanjian kerja. Naasnya, suasana kerja tak sebanding dengan isi dari perjanjian kerja, misal tanpa istirahat atau bekerja di luar jam kerja.

3. Penyiksaan, perlakuan kasar, pelecehan seksual dan tindak kekerasan lainnya. Sehingga membuat TKI melarikan diri atau tidak ingin bekerja lagi.

Setelah Anda paham dan tahu terkait pekerjaan dan kerja di Taiwan. Apakah Anda masih tertarik bekerja disini? Semoga Anda segera mendapat lowongan kerja Taiwan yang sesuai dengan cita-cita selama ini.